Pasang Iklan Di Bayar

TERKINI

Keyword(s):
Free SEO Tools
Dapatkan laptop hanya dengan 99ribu rupiah

Jumat, 10 Juni 2011

Wirausaha Sejak Dini Perlukah?

Memperkenalkan dunia usaha dan kewirausahaan sejak dini merupakan hal yang harus dicoba dan kalau memungkinkan dijadikan kurikulum nasional pendidikan kita.



Mulai tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) kelas 8 dan 9  bisa dijadikan sasaran program kewirausahaan ini. Karena pada usia 15 tahunan anak/remaja mulai senang dengan hal-hal yang baru dalam hidupnya, senang berpetualang juga  mulai tumbuh daya khayal dan kreativitasnya.



Dengan program study kewirausahaan ini, selain bisa menjadi sarana aktualisasi anak, juga bisa menjadi sarana efektif pencegahan kenakalan remaja. Tentu saja untuk kebutuhan ini diperlukan multi peran dari guru yakni sebagai motivator dan fasilitator pembelajaran.



Implementasi program kewirausahaan di sekolah, pembekalan pembelajaran pada anak tidak hanya teori dan konsep saja, akan tetapi harus terintegral dengan praktek/aplikasinya di lapangan.  Anak dibiasakan berjualan, anak dibiasakan berpikir dan berorientasi profit (Profit Oriented). Tentu saja agar tidak terjebak pola hitam putih keduniawian (hubuddunya) dibarengi pula dengan pembelajaran moralitas dan akhlak sehingga tercipta harmonisasi yang serasi sesuai dengan nilai-nilai agama dan kemanusiaannya.



Dunia usaha diharapkan mengambil peranan untuk mewujudkan  hal ini dengan cara memberikan fasilitas pembelajaran, diantaranya yang bisa dilakukan membantu sekolah dalam pengadaan ATK, kursi dan meja belajar, komputerisasi sekolah, maupun pengadaan bangunan sekolah/madrasah.



Agar perusahaan tidak merugi, bantuan ke sekolah diintergralkan dengan program promosi/iklan. Efeknya tentu saja anak akan belajar langsung dari program promosi perusahaan tersebut. Tinggal sekarang apakah perusahaan/dunia usaha peduli pendidikan anak bangsa? Kami menunggu…..! Terima kasih…..!      

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar