Pasang Iklan Di Bayar

TERKINI

Keyword(s):
Free SEO Tools
Dapatkan laptop hanya dengan 99ribu rupiah

Minggu, 15 Mei 2011

Seni EROTIKA DI RELIEF CANDI







Bahwa candi adalah bangunan pemujaan semua orang sudah maklum dan mengerti. Hanya barangkali saja banyak juga yang tidak tahu, selain di dinding candi terdapat pahatan relief-relief cerita suci, juga ada pahatan berbau erotik.

Perhatikan pada pahatan relief Candi Mendut, Magelang. Candi yang dibangun abad IX ini banyak menampilkan potongan relief cerita ajaran moral yang sakral. Namum pada salah satu panel di kaki candi, ada adegan pasangan berangkulan di ranjang, sementara di sebelahnya seorang anak kecil kedinginan mendekati perapian.

Kritik moral, mungkin yang ingin disampaikan oleh seniman kepada khalayak, bahwa nafsu perlu memperhitungkan waktu. Adegan ini terbilang sopan karena seniman Candi Mendut begitu halusnya melukiskannya, sehingga yang tertangkap bukan unsur erotisnya melainkan kritik moralnya itu sendiri.

Pada Candi Kali Telon, Boyolali, penggambaran adegan hubungan intim pada relief berukuran 40 x 20 an cm ini betul-betul realistis. Ada dua fragmen sejenis dari Candi Kali Telon abad XV itu.

Adegan di pendopo Candi Panataran abad XIV, di batu relief yang tertimpa lumut dan jamur ini masih jelas sekali terlihat adegan yang melukiskan kemesraan dua manusia. Di pinggiran ranjang, nampak seorang lelaki sedang membelai rambut wanita yang duduk mesra di pangkuannya. Tapi lihatlah di belakang sana, ada gadis asyik mengintip di balik gorden.

Sumber : Intisari : 10/92
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar